Bagaimana jika motor balap lawas, mobil Hotrod dan mesin-mesin tua menjadi komponen pembentuk motor custom? Hasilnya tentu lahir custom unik, klasik dan mungkin cenderung aneh buat orang awam. Namun karya Stellan Egeland itu sukses menyabet posisi ke dua pada gelaran The European Championship Of Custom Bike Building 2006 di Mainz, Jerman. Custom lansiran SE Services, Swedia ini terlihat telanjang apa adanya. ''Tidak ada yang saya tutup-tutupi. Semua bagian motor terlihat apa adanya. Itulah yang saya suka dari motor. Kita dapat melihat semua part bekerja sesuai fungsinya,'' papar Stellan.
Keunikan custom yang satu ini tampak pada aplikasi komponen yang bukan dari sepeda motor tetapi dari Hotrods. Fender depan dari ornamen atap mobil tahun 1940-an, berbahan aluminum setebal 2 mm. Fuel level gauge pada tangki bahan bakar dari Ford 1930. Ford keluaran 1938 menyumbang pedal kopling dan sidestand. Tangki oli diadaptasi dari rumah Scot Supercharger. Kaki-kaki aplikasikan velg magnesium 12 jari dari roda depan mobil drag tahun 1960-an dengan tipe American Racing.
Semua komponen handmade merupakan prakarya Stellan dan David `Drusse`Månson. Sedangkan ide desain dan detail Esox Lucius merupakan keroyokan Stellan, Michael Hallgren, Mrs Stellan dan Drusse. Pembuatan Exos Lucius, memakan waktu empat bulan, dimulai dari November 2005. Drusse memberikan kontribusi terbesar dalam membangun custom ini. Pengerjaannya hanya pada malam hari dan saat libur akhir pekan. Total, Drusse menghabiskan 220 jam kerja, sedangkan Stellan 508 jam. (*)
Spesifikasi
General:
Builder : Stellan Egeland
Owner : Stellan Egeland
Lokasi : Skogås, Swedia
Website : http://www.seservice.se/
Bike Name : Esox Lucius
Bike Year / Model : 1943
Engine Make / Size : Harley Davidson Flathead 80"
Transmission Size / Type : 4 speed Harley Davidson
Frame/Suspension
Frame Make / Type : SE Service
Stretch : Minus stretch
Swingarm : Solid frame
Wheels / Tires / Brakes
Wheels - Front : American racing 12 spoke magnesium
Wheels - Rear : American racing 12 spoke magnesium
Tires - Front : Modified Hoosier frontrunner
Tires - Rear : Modified Hoosier frontrunner
Brakes - Front : Drum
Brakes - Rear : Drum
Paint
Painter : Totte Landberg
Chroming / Plating : Excellent
Credit Photo : Horst Rösler
Additional Info Oil tank: modified Scot blower, Exhaust: Stainless steel by SE Service, Intake: Aluminum by SE Service, Carburators: Dual SU H4, Ignition: Scintilla Magneto, Fuel tank: Aluminum with fuellevel gauge from 1930 Ford by SE Service, Rear fender: Aluminum by SE Service, Footpegs: Aluminum and brass by SE Service, Footcontrols: Stainless steel and brass by SE service, Frontbrake control: Aluminum, brass and Stainless steel by SE Service, Shiftstick: 1938 Ford, Sidestand: clutchpedal from 1938 Ford, Seat:Aluminum and brass by SE Service.
And yes, I do drive it on the street.
Keunikan custom yang satu ini tampak pada aplikasi komponen yang bukan dari sepeda motor tetapi dari Hotrods. Fender depan dari ornamen atap mobil tahun 1940-an, berbahan aluminum setebal 2 mm. Fuel level gauge pada tangki bahan bakar dari Ford 1930. Ford keluaran 1938 menyumbang pedal kopling dan sidestand. Tangki oli diadaptasi dari rumah Scot Supercharger. Kaki-kaki aplikasikan velg magnesium 12 jari dari roda depan mobil drag tahun 1960-an dengan tipe American Racing.
Semua komponen handmade merupakan prakarya Stellan dan David `Drusse`Månson. Sedangkan ide desain dan detail Esox Lucius merupakan keroyokan Stellan, Michael Hallgren, Mrs Stellan dan Drusse. Pembuatan Exos Lucius, memakan waktu empat bulan, dimulai dari November 2005. Drusse memberikan kontribusi terbesar dalam membangun custom ini. Pengerjaannya hanya pada malam hari dan saat libur akhir pekan. Total, Drusse menghabiskan 220 jam kerja, sedangkan Stellan 508 jam. (*)
Spesifikasi
General:
Builder : Stellan Egeland
Owner : Stellan Egeland
Lokasi : Skogås, Swedia
Website : http://www.seservice.se/
Bike Name : Esox Lucius
Bike Year / Model : 1943
Engine Make / Size : Harley Davidson Flathead 80"
Transmission Size / Type : 4 speed Harley Davidson
Frame/Suspension
Frame Make / Type : SE Service
Stretch : Minus stretch
Swingarm : Solid frame
Wheels / Tires / Brakes
Wheels - Front : American racing 12 spoke magnesium
Wheels - Rear : American racing 12 spoke magnesium
Tires - Front : Modified Hoosier frontrunner
Tires - Rear : Modified Hoosier frontrunner
Brakes - Front : Drum
Brakes - Rear : Drum
Paint
Painter : Totte Landberg
Chroming / Plating : Excellent
Credit Photo : Horst Rösler
Additional Info Oil tank: modified Scot blower, Exhaust: Stainless steel by SE Service, Intake: Aluminum by SE Service, Carburators: Dual SU H4, Ignition: Scintilla Magneto, Fuel tank: Aluminum with fuellevel gauge from 1930 Ford by SE Service, Rear fender: Aluminum by SE Service, Footpegs: Aluminum and brass by SE Service, Footcontrols: Stainless steel and brass by SE service, Frontbrake control: Aluminum, brass and Stainless steel by SE Service, Shiftstick: 1938 Ford, Sidestand: clutchpedal from 1938 Ford, Seat:Aluminum and brass by SE Service.
And yes, I do drive it on the street.
Post a Comment