Kuztom Bike Articles
Motor besar, modifikasi, custom bike, builder, chopper, prostreet, customize, bike soul, motorcycle, bikers,Kuztom, Ol' skool, board track, cafe racer,bobber,rake, strech, downtube, backbone,V-twin, swingarm, brake,

The Time Machine, Custom Matik Nan Klasik


Kreasi builder merancang dan merakit custom seakan tiada habisnya. Ada saja ide-ide baru yang muncul. Kemampuan dan kemahiran membuat komponen sendiri sepertinya menjadi ajang adu gengsi antar builder. Seperti pada The Time Machine. Custom produksi Sapka Muvek, Hongaria ini seluruhnya terdiri dari komponen handmade, kecuali mesin dan transmisi. ‘’Kami bukanlah tipe builder yang mengikuti fashion dan terpengaruh trend yang ada,’’ ujar Sapka mengenai karya-karyanya. Ide awal pembuatan custom berdasarkan pemikiran, sebuah komponen merupakan pelengkap komponen lain. Sehingga tidak akan ditemui, ada komponen yang tidak sejalan dengan konsep motor.
Julukan custom yang kelar digarap sekitar 6 bulan ini berasal dari buku H.G.Wells, The Time Machine. Tema custom yang dikembangkan builder Hongaria tergolong unik. Sebab pengaruh dari style Amerika dan gaya Eropa berpadu di wilayah Barat Eropa ini. Sang pemilik Újhelyi László, menginginkan kombinasi teknologi modern dan lawas. Hal ini diterjemahkan Sapka dengan mengaplikasikan roda yang tampak dari kayu dan 20 inchi ban dengan striping putih. Sedangkan dari masa kini, diwakili transmisi automatic. Menurut builder yang melahirkan karya pertamanya pada usia 15 tahun ini, semua komponen sudah ada di tahun 1920an, kecuali transmisi matic.
Metode menghidupkan mesin beda dengan motor kebanyakan. Tuas kick starter, berganti dengan tuas yang digerakkan dengan tangan. Ketika mesin hidup, kompresor diaktifkan oleh dynamo shaft. Kemudian udara dipompakan ke frame guna mengaktifkan air suspension. Motor pun terangkat dan secara otomatis, transmisi menunjuk ke mode ‘drive’.
Lampu depan sumbangan dari Carello Fratelli dan lampu belakang dari Blackburne. Kaki depan The Time Machine dikawal Sapka Muvek AIR-BONE single sided arm. Detail finishing meliputi kaca pembesar di gearshifter, kompas di tangki BBM. ‘’Ide pengerjaan memang dari saya, namun proyekmini tidak akan selesai tanpa dukungan kreatif Istvans, ‘’ tandas Sapka merendah.
Kerja keras ini tidak sia-sia, terbukti pada gelaran 2007 European Championship of Custom Bike Building di Mainz Jerman, 24-25 Maret, The Time Machine menyabet juara pertama. Menyisihkan 107 peserta lain wakil dari 18 negara. (*)

General
Builder : Sapka & Szilvássy
Owner : Újhelyi László
Location : Dunaharaszti
Country : Hungary
Website : www.sapkamuvek.hu

Spesifikasi
Bike Name : The Time Machine
Bike Year / Model : 2007 The Time Machine
Engine Make / Size : Harley Knucklehead 1941 74'
Transmission Size / Type : 3 gear automatic

Frame/Suspension
Frame Make / Type : Sapkamuvek
Front End : Sapkamuvek
Swingarm : Rigid

Wheels / Tires / Brakes
Wheels – Front : 4.00 × 20 Sapkamuvek
Wheels – Rear : 4.00 × 20 Sapkamuvek
Tires – Front : Firestone 4.75×20
Tires – Rear : Firestone 4.75×20
Brakes – Front : Drumbrake
Brakes – Rear : Drumbrake


Paint
Painter : Sapkamuvek
Chroming / Plating : Sapkamuvek

Additional Information
Pipe: Sapkamuvek Carburator: Linkert Primary drive: Sapkamuvek Oil tank: Sapkamuvek Gas tank: Sapkamuvek Rear fender: Izs/Sapkamuvek Front lamp:1925 Carello Fratelli Rear lamp:1922 Blackburn All parts are handmade!






Credit photo : Horst Rösler
0 comments:

Post a Comment

CONTACT PERSON 1

CONTACT PERSON 2

GUEST BOOK


ShoutMix chat widget

So..It's Me

My photo
Denpasar, Bali, Indonesia
blog ini memuat kumpulan artikel cover story dari Tabloid Montorku. Anda diperkenankan mengambil sebagian atau seluruh artikel termasuk foto, selama mencantumkan sumbernya. Sebagai selingan, juga ada joke2 fresh

Followers


total visitor